.

3 Laporan Favorit Saya di Aplikasi + Web Google Analytics

September 7, 2020

Sudah lebih dari setahun sejak Google Analytics Aplikasi + Web pertama kali diluncurkan. Versi Google Analytics yang baru ini memberikan cara baru bagaimana kita dapat menganalisa perilaku para pengguna di lintas platform dan menggabungkan informasi mengenai perjalanan-perjalanan para konsumen. Meskipun Aplikasi + Web masih dalam versi beta, banyak pembaruan yang telah terbukti menjadi alat yang berguna untuk pekerjaan analisa saya.

Saya akan menjelaskan 3 laporan favorit saya, dengan tujuan untuk meyakinkan Anda dan memasang Aplikasi + Web jika Anda belum melakukannya. Ada banyak juga narasumber yang bermanfaat yang ditulis oleh orang-orang berpengalaman di komunitas Google Analytics. Kalau anda penasaran dengan narasumber-narasumber tersebut, saya sudah memasukan beberapa tautan di akhir bacaan ini.

Sekarang mari kita lanjut ke topik utama kita...


1. Laporan Perilaku


Berbagai macam Peristiwa membentuk fondasi Aplikasi + Web, dan laporan Perilaku ini adalah tempat dimana Anda bisa menggali informasi tentang perilaku pengguna lebih dalam lagi. Biasanya, saya langsung menyelami saat mengeksplorasi analisa saya, supaya bisa dapat gambaran singkat tentang peristiwa yang sering terjadi atau bernilai tinggi.

Setelah melihat laporan ini, biasanya saya mulai beralih di antara Tampilan, Jumlah Peristiwa, dan Sesi Engagement, untuk melihat apakah ada pola atau anomali yang menonjol.


Figur 1. Bagian dari dasbor Ringkasan Perilaku di Google Analytics Aplikasi + Web 

Selain “page_view”, saya melihat bahwa “user_engagement” adalah peristiwa yang sering terjadi. Langkah saya selanjutnya yaitu mempelajari laporan "Jumlah peristiwa oleh Nama acara". Di sini Anda dapat mengurutkan peristiwa dengan cara yang biasa dipakai di standar Google Analytics: yaitu berdasarkan metrik, seperti jumlah peristiwa per pengguna dan pendapatan (revenue) total.


Figur 2. Laporan rincian Peristiwa, dapat diakses melalui dasbor Ringkasan Perilaku

Kerumitan tidak berakhir disini; ketika Anda memilih dan mengklik salah satu Peristiwa, Anda akan melihat banyak data. Disitu, anda bisa menjelajahi laporan Peristiwa menurut negara dan gender. Laporan perincian “Perilaku> Peristiwa” ini adalah tempat dimana saya dapat menggunakan segmen perbandingan lagi, misalnya kali ini saya ingin menganalisa kategori perangkat atau dimensi khusus (contoh: jenis akun pengguna website).

Selain eksplorasi, laporan ini juga bisa digunakan untuk menganalisa peristiwa-peristiwa yang bernilai tinggi seperti transaksi atau pembayaran bulanan. Dilengkapi dengan insight seputar Siapa, Kapan, Di Mana, dan Berapa Banyak, Anda dapat merasa lebih nyaman dalam membuat keputusan bisnis. Katakanlah Anda ingin memperkuat tim Live Chat atau Call Center di perusahaan anda selama hari/jam kerja supaya tim Anda mendapatkan peluang lebih untuk menutup kesepakatan dengan pelanggan-pelanggan besar Anda. 


2. Laporan Jalur


Analisis Jalur adalah salah satu dari 5 opsi yang tersedia di Hub Analisis. Seperti yang diekspresikan Krista Seiden di Artikel Agustus 19, laporan Jalur ini sangat membantu pekerjaan analisa karena laporan ini berisi peningkatan yang banyak orang inginkan dari laporan Jalur Perilaku di Google Analytics standar. Inilah yang akan Anda lihat ketika membuka laporan Jalur ini:


Figur 3. Template kosong di laporan Analisis Jalur, menggunakan Hub Analisis

Saya mengerti kalau para pengguna GA standar mungkin sudah terbiasa membuat Laporan Khusus atau menavigasi Laporan Perilaku yang ada di GA standar. Sehingga laporan-laporan di GA Aplikasi + Web ini terlihat berbeda sekali dan seperti "dunia baru". Tetapi sebetulnya konsepnya cukup simpel:


  • Laporan utama (panel kanan). Bagian ini yang selalu membuat saya terkagum. Kalau di laporan default, ada 3 langkah atau titik yang telah dibuat otomatis untuk Anda. Namun saya merekomendasikan Anda untuk mengklik "Mulai Lagi" di kanan atas dan mendesain laporan Analisis Jalur dari awal dengan template kosong di atas. Selain meredakan mata dari informasi dan sensori yang berlebihan, Anda juga diberi kebebasan untuk bekerja mundur dari Titik Akhir.

  • Variabel (panel paling kiri). Disini Anda dapat memilih dimensi dan metrik yang sesuai dengan keinginan Anda. Klik ikon “+” untuk membuat pilihan. Disini Anda juga dapat memilih / membuat segmen yang ingin Anda selidiki.

  • Pengaturan Tab (panel kiri). Fitur ini mungkin akan dibutuhkan Anda suatu saat nanti. Disini Anda dapat melakukan pengaturan yang lebih mendetail seperti penambahan segmen dan rincian (fitur yang tidak ada di laporan Alur Perilaku).


Untuk sekedar contoh, di template ini saya memakai halaman Digital Analytics Immersive Sparkline sebagai Titik Akhir. Saya memakai cara yang agak kuno dengan memakai "judul halaman dan nama layar" sebagai node, tetapi silahkan Anda coba pakai "peristiwa". Memakai kedua cara juga boleh, kenapa tidak? Gabungkan node-node yang ingin Anda periksa di sepanjang Jalur Anda dengan memilih daftar drop-down di setiap langkah.


Figur 4. Diagram Sankey sederhana ini mengilustrasikan jalur paling populer yang mengarah ke Titik Akhir

Di contoh atas, saya mengeksplorasi jalur paling populer yang diambil pengguna sebelum mencapai halaman yang membahas kursus dari Sparkline. Dengan insight ini, saya dapat bekerja dengan pengembang web dan tim konten untuk memastikan tautan di sepanjang jalur populer memiliki CTA (call-to-action) yang jelas bagi pengguna yang tertarik dengan program pendidikan kami.

Diagram Sankey terkadang memang sulit dibaca. Namun saya sangat menikmati fitur aransemen ini karena saya dapat mengembangkan DAN meminimalkan jalur-jalur hanya dengan mengklik bilah biru. Dengan situs dan aplikasi yang lebih berkembang, Anda akan melihat permutasi yang tidak akan berakhir ... Daripada menghabiskan malam Anda hanya untuk menguraikan web yang sangat rumit, Anda bisa mempelajari sepintas mengenai beberapa bagian dari website Anda. Kemudian fokus pada bagian tertentu yang memiliki trafik atau dampak paling banyak ke bisnis Anda.


3. Laporan Lintas Platform

Anda dapat menemukan laporan terakhir ini dibagian Teknologi. Meskipun laporan ini tidak (belum) sedetail laporan Jalur dan laporan Perilaku, saya sangat suka dengan diagram lingkaran yang dengan jelas menjabarkan penggunaan dan tumpang tindih platform. Inilah yang dicari marketer atau pemasar: pemahaman yang jelas tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan berbagai titik kontak brand Anda.


Figur 5. Diagram Venn lintas platform seperti yang terlihat di laporan Teknologi dengan aliran data Aplikasi + Web

Setelah memeriksa diagram lingkaran dan bereksperimen dengan segmen-segmen, Anda kemudian dapat melihat sekilas laporan "Pengguna Baru menurut Platform". Dengan mengembangkan laporan, Anda akan melihat campuran diagram dan tabel yang mirip dengan laporan "Jumlah peristiwa oleh Nama acara" yang dibahas sebelumnya. Luangkan waktu untuk mengeksplorasi dimensi sekunder di sini dengan mengklik ikon "+" di tabel, tepat di samping tajuk kolom "Platform".

Mudah-mudahan kita akan melihat lebih banyak lagi perkembangan fungsi di laporan ini seiring berkembangnya Aplikasi + Web. Untuk sekarang ini, Anda dapat menikmati kategori-kategori yang tertampil saja (Web, iOS dan Android). Atau Anda dapat menulis kode di BigQuery untuk menyertakan platform-platform dan perangkat-perangkat lain yang mungkin lebih relevan dengan target audiens Anda.


Penutup

Saya harap tulisan saya ini dapat memberi gambaran tentang fitur-fitur yang dapat digunakan di Google Analytics Aplikasi + Web. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, akan ada banyak pengembangan-pengembangan lagi yang akan segera hadir. Untuk sementara ini, saya sarankan Anda untuk mengantisipasi dengan mulai memasang properti Aplikasi + Web, supaya Anda dapat mulai terbiasa dan memiliki pemahaman yang baik tentang "masa depan Google Analytics".

Untuk pemasangan properti Aplikasi + Web, Anda dapat melihat panduan dari Krista dan Simo. Sumber yang pertama lebih up-to-date, sedangkan sumber kedua berisi banyak potongan informasi. Bounteous memiliki bagian komprehensif yang menjelaskan setiap laporan dengan rinci; Saya juga merekomendasikan panduan video dari LovesData jika Anda lebih memilih belajar dengan cara visual.

Merasa lelah dengan informasi yang berlebihan? Kami dapat mengurusi hal-hal detail dan seluk-beluknya Google Analytics sehingga Anda dapat fokus pada apa yang Anda butuhkan. Sparkline bekerja dengan bisnis-bisnis untuk mencapai akurasi dan literasi data, dan yang paling penting, insight yang dapat ditindaklanjuti yang meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, hubungi kami di sini atau di LinkedIn.

Janganlah berhenti mengeksplorasi dan mencari insight. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.